SOLOPOS.COM - Suasana kegiatan Market Day di SMA Negeri 1 Jatisrono, Wonogiri, Rabu (14/6/2023), di aula sekolah. (Difa Dhestira)

Solopos.com, WONOGIRI — Ada keseruan tersendiri pada kegiatan market day di SMA Negeri 1 Jatisrono, Wonogiri.

Kegiatan menjual beraneka macam kuliner yang tengah digemari anak muda masa kini itu digelar selama dua hari, Selasa dan Rabu (13-14/6/2023), di aula sekolah.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Siswa menggelar aneka makanan dan minuman seperti tahu crispy, rice bowl chicken teriyaki, mochi cocol, es kuwut, salad buah, puding telur, dan masih banyak lagi. Semuanya habis dibeli para siswa dalam waktu satu jam.

Menurut Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan SMAN 1 Jatisrono, Enik Tri Suryanti, kegiatan yang diadakan setelah Penilaian Akhir Tahun itu bertujuan menumbuhkan jiwa kewirausahaan sejak dini.

Hal itu sekaligus memberikan pengalaman langsung menjadi penjual dan pembeli bagi siswa SMAN 1 Jatisrono.

“Di samping penerapan mata pelajaran kewirausahaan, juga mereka diharapkan dapat menjalin kerja sama antarsiswa,” ujar Enik.

Kegiatan tersebut diikuti seluruh kelas X dan XI yang berjumlah 600 siswa. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, ganjil dan genap.

Kelompok kelas ganjil mendapat kesempatan untuk menjajakan makanan mereka pada hari pertama, sedangkan kelas genap pada hari berikutnya.

Dalam kegiatan itu, siswa bebas mengekspresikan diri mereka melalui makanan yang mereka jual.

Terdapat beraneka ragam kuliner dalam event ini seperti mochi, sosis bakar, warmindo, pisang cokelat, dan minuman-minuman yang tentunya segar banget.

Hampir semua jenis makanan dan minuman yang mereka sajikan laris terjual dalam waktu singkat.

Tak kurang dari dua jam semua makanan dan minuman itu ludes tak bersisa. Akibatnya, banyak siswa yang tidak kebagian hanya bisa menahan keinginan mereka.

Setelah ditelusur, aktivitas jual-beli yang ramai dan laris itu tidak lepas dari strategi pemesanan sehari sebelumnya atau pre order (PO).

Banyak siswa bahkan guru dan karyawan SMA Negeri 1 Jatisrono yang memesan makanan dan minuman jauh-jauh hari karena mereka khawatir bakal kehabisan.

Soalnya siswa penjual memperkenalkan produk mereka melalui sosial media dan aktif promosi lewat chat di Whatsapp dan Instagram. Tidak sedikit dari mereka yang akhirnya kewalahan karena dibanjiri pesanan.

Wah seru banget ya kegiatan market day ini. Kita jadi bisa belajar gimana caranya jadi penjual meskipun kita masih pelajar. See you next writing!!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya