Begini Cara Mencegah Banjir di Lingkungan Sekolah

Ada sejumlah cara untuk mencegah banjir di lingkungan sekolah saat musim hujan tiba.

 Ilustrasi membersihkan sampah di lingkungan sekolah. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi membersihkan sampah di lingkungan sekolah. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO–Di musim hujan seperti saat ini sangat penting mengetahui cara mencegah terjadinya banjir atau luapan air termasuk di lingkungan sekolah. Agar kegiatan belajar mengajar berlangsung nyaman, simak ulasannya di tips belajar kali ini.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Tentu bencana ini membuat semua orang bisa panik jika hujan tak kunjung reda atau air yang semakin tinggi, sehingga membuat kita harus segera pergi mengungsi. Bahkan banjir juga bisa menjadi sarang penyakit, seperti demam berdarah, gatal-gatal, diare, flu, deman, dan lain-lain.

Jika banjir terlalu tinggi, berbagai aktivitas pun harus segera dihentikan, termasuk salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar di sekolah dan pada akhirnya sekolah diliburkan sementara sampai banjir surut. Meski banjir membuat semua warga sekolah resah karena terhentinya aktivitas belajar mengajar, tapi dari sekarang kita bisa mencegah hal ini terjadi.

Baca Juga: Arti Mimpi Anak Terbawa Arus Banjir yang Mewakili Perasaan Si Pemimpi

Dikutip dari sehatq.com, Kamis (20/10/2022), berikut ini ada beberapa cara untuk mencegah banjir di lingkungan sekolah:

1. Membuang Sampah pada Tempatnya

Terapkan kepada seluruh siswa dan juga guru agar selalu membuang sampah pada tempatnya. Saat ini masih banyak yang menghiraukann larangan buang sampah sembarang meski sudah ada baliho atau poster yang tertempel di sekitar sekolah. Bahkan jika sering membuang sampah di selokan sekolah atau sungai sekitar sekolah bisa berisiko terjadi banjir jika hujan datang karena sampah-sampah tersebut menyumbat aliran air.

Selain menyebabkan banjir, membuang sampah sembarangan bisa menjadi sarang nyamuk dan bahkan menimbulkan bau tidak sedap di lingkungan sekolah. Oleh karena itu para guru harus selalu menghimbau siswa-siswanya agar selalu membuang sampah pada tempatnya. Karena selain untuk mencegah banjir, hal ini berarti kita peduli terhadap lingkungan sekitar.

2. Menanam Pohon atau Tanaman di Lingkungan Sekolah

Cara yang kedua adalah dengan menanam pohon atau tanaman di lingkungan sekitar sekolah agar bisa mencegah banjir dalam skala kecil. Selain untuk tempat berteduh, menanam pohon atau tanaman juga berguna untuk proses penyerapan air. Pihak sekolahan juga bisa mengajak para siswanya untuk bergotong royong menanam pohon atau tanaman bersama-sama di lingkungan sekolah.

Baca Juga: BRI Salurkan Bantuan ke Warga Terdampak Banjir di Jawa Timur

3. Membuat Saluran Air dengan Baik

Cara mencegah banjir di lingkungan sekolah berikutnya adalah membuat saluran air dengan baik di sekitar sekolah. Guru bersama siswanya bisa bergotong royong membuat saluran air, agar air hujan tidak turun menumpuk di atas permukaan tanah atau aspal sekitar sekolah. Bahkan hubungan antar murid dan guru bisa lebih erat dengan bergotong royong bersama.

4. Menambah Lahan Penyerapan Air

Cara yang keempat adalah dengan menambah lahan penyerapan air di lingkungan sekolah. Jika sekolahan masih memiliki lapangan rumput yang luas, usahakan jangan dibeton semua atau di aspal karena untuk menyerap air ketika hujan turun.

Baca Juga: Curah Hujan di Jateng Cukup Tinggi pada 2023, BMKG: Waspada Bencana Alam

5. Rutin Membersihkan Selokan Sekitar Sekolah

Cara terakhir mencegah banjir atau luapan air di lingkungan sekolah adalah dengan ruitn membersihkan selokan di sekitar sekolah. Pihak sekolah bisa mengadakan kerja bakti rutin setiap dua minggu sekali atau setiap bulan di lingkungan sekolah. Selain untuk mencegah banjir, membersihkan selokan juga akan mencegah terbentuknya sarang nyamuk dan tikus penyebab penyakit, apalagi jika di sekolah Sudha tentu banyak anak-anak.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Tips Mengajari Keselamatan Diri bagi Anak Sekolah

Berikut ini tips mengajari anak sekolah keselamatan diri.

Meriahkan Hari Guru Nasional, SMP Batik Surakarta Lepas 36 Balon Harapan

Memperingati Hari Guru Nasional ke-77, siswa dan orang tua/wali SMP Batik Surakarta menerbangkan 36 balon harapan.

Tips Cegah Bau Badan bagi Pelajar

Memiliki bau badan menyengat tentu bakal mengganggu teman-teman di kelas, karena itu pelajar perlu tahu tips mencegahnya.

Azzahra Fun Festival di Sragen, Dorong Perkembangan Anak Usia Dini Lewat Lomba

KB-TK Islam Terpadu Azzahra Sragen menggelar Azzahra Fun Festival (AFF), di sekolah setempat, Sabtu (19/11/2022).

Hari Guru Nasional 2022, Begini Cara Menghormati Guru

Berikut ini sejumlah cara untuk menghormati dan menghargai jasa para guru.

Diserbu Peserta dari Jateng-DIY, SMK Mutuharjo Gelar Tes Wawancara Magang Jepang

SMK Mutuharjo menfasilitasi bagi alumni maupun nonalumni yang ingin bekerja ke Jepang didukung  dengan  relasi LPK di perusahaan-perusahaan besar Jepang.

Pantik Jiwa Kepemimpinan, OSIS dan Dewan Ambalan Al Azhar IIBS Ikuti LDKO

Al Azhar IIBS kemudian menggelar LDKO sebagai upaya untuk melatih kemampuan siswa dalam hal berorganisasi dan kepemimpinan.

Sepekan di Jepang, Intip Kegiatan Seru SMA Assalaam Sukoharjo di Negeri Sakura

Sepekan berada di Jepang, intip yuk keseruan kegiatan siswa SMA Assalaam Sukoharjo selama berada di Negeri Sakura.

Keseruan Siswa SMP Batik Solo Ikuti Gerakan Cinta Museum

Siswa kelas VII E SMP Batik Solo menjadi salah satu peserta Gerakan Cinta Museum yang diselenggarakan oleh Museum Keris Nusantara.

Raup 59% Suara, Nadya Surya Callista Terpilih Jadi Ketua OSIS SMA Batik 1 Solo

Berdasarkan hasil pemungutan suara akhirnya terpilihlah Nadya Surya Callista sebagai Ketua OSIS SMA Batik 1 Solo periode 2022-2023 dengan total suara 59,2%.

Tips Agar Tidak Terlambat Datang ke Sekolah

Berikut ini sejumlah tips agar kalian tidak terlambat ke sekolah.

Manasik Haji SMA Batik 1 Surakarta 2022

SMA Batik 1 Surakarta melaksanakan outing class yaitu manasik haji pada Jumat (11/11/2022) dan diikuti seluruh siswa kelas X didampingi wali kelas beserta guru yang menjadi muthawif.

Meriah! Market Day SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Pacu Semangat Entreprenuer Siswa

Kegiatan Market Day di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo sebagai wujud implementasi SMK Pusat Keunggulan dalam bidang sektor ekonomi kreatif.

Cara Membentuk Siswa Berkarakter, Salah Satunya Guru Harus Jadi Teladan Baik

Berikut ini sejumlah cara untuk membentuk siswa berkarakter.

Begini Cara Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Berikut ini sejumlah cara untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa.

SMA Batik 1 Solo Study Campus ke Malaysia: Persiapan Menuju Universitas Impian

Siswa kelas internasional SMA Batik 1 Surakarta melakukan study campus ke Malaysia dan mengunjungi beberapa kampus ternama di Kuala Lumpur.