SOLOPOS.COM - Kepala MAN 1 Surakarta, Slamet Budiyono, MPd (kiri) saat memberi sambutan dalam workshop Guru Menulis: Penulisan Artikel Populer di Media Massa, di sekolah setempat, Sabtu (28/5/2022). (Istimewa/Sunyoto)

Solopos.com, SOLO — Para guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Surakarta antusias mengikuti workshop Guru Menulis bertema Penulisan Artikel Populer di Media Massa, di sekolah setempat, Sabtu (28/5/2022).

Kegiatan yang didukung oleh Solopos Media Group tersebut dibuka oleh Kepala MAN 1 Surakarta, Slamet Budiyono, MPd. Dalam sambutannya Slamet Budiyono mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan tersebut.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

“Kegiatan ini sebenarnya sudah dibahas lama dan baru sekarang ini terlaksana. Saya lihat teman-teman guru sangat antusias mengikutinya,” ujar Slamat Budiyono.

Dia menjelaskan, budaya literasi di MAN Surakarta selama ini sudah cukup menggeliat. Tak sedikit guru dan murid MAN 1 yang telah berprestasi di bidang literasi baik di tingkat nasional maupun internasional. Termasuk para alumni MAN 1 Surakarta yang sukses di bidang literasi salah satunya penulis terkenal, Habiburrahman El Shirazy.

“Untuk itu saya sangat mendukung kegiatan ini. Kalau perlu digelar lebih sering. Ending-nya nanti diharapkan para guru juga bisa membuat karya tulisan dalam bentuk buku. Selanjutnya buku-buku itu akan bisa dipajang di perpustakaan sekolah bersama buku-buku karya alumni,” ujarnya.

Baca Juga: Antusias, Murid MTs Muhammadiyah Surakarta Wisata Literasi di Solopos

Para guru MAN 1 Surakarta mengikuti workshop Guru Menulis: Penulisan Artikel Populer di Media Massa, di sekolah setempat, Sabtu (28/5/2022). (Istimewa/Sunyoto)
Para guru MAN 1 Surakarta mengikuti workshop Guru Menulis: Penulisan Artikel Populer di Media Massa, di sekolah setempat, Sabtu (28/5/2022). (Istimewa/Sunyoto)

Sementara itu ketua panitia kegiatan Rusdi Mustapa, S.Pd mengatakan, workshop tersebut diharapkan bisa menambah kemampuan dan kompetensi para guru MAN 1 Surakarta dalam menulis.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya tim literasi MAN 1 Surakarta untuk memberi kesempatan kepada para guru untuk bisa menghasilkan karya tulisan yang bisa dimuat di media massa,” ujar Rusdi.

Sementara nara sumber workshop,  Content Manager Solopos, Anik Sulistyawati dalam kesempatan itu memaparkan tentang banyak hal terkait penulisan artikel populer di media massa, salah satunya Solopos.

“Kenapa kita harus menulis di media massa? Selama ini mungkin banyak hasil penelitian dari berbagai bidang hanya bertumpuk di perpustakaan dan hanya dimengerti orang yang memiliki latar belakang ilmu yang sama. Jika kita menulisnya di media massa dalam bentuk tulisan artikel populer, orang-orang awam atau orang di luar bidang tersebut akan bisa memahami,” ujar Anik.

Baca Juga: Wah! MAN 1 Solo Raih 2 Prestasi Festival Literasi Nasional, Apa Saja?

Lebih jauh dijelaskan, artikel populer yang dimuat di media massa biasanya telah memenuhi beberapa kriteria seperti mengangkat tema aktual dan relevan, idenya orisinal dan memberi sudut pandang berbeda, penyajian data dan analisa kuat, serta narasi yang bagus.

Anik juga mengungkapkan tips-tips menulis artikel populer yang menarik agar bisa menembus media massa.
“Ungkapkan fakta menarik yang tak diketahui atau tak disadari banyak orang. Ketika membuat artikel terus tanyakan pada diri sendiri, apa hal yang baru dan tidak biasa. Kemudian masukkan fakta-fakta spesifik dan data-data pendukung dari sumber-sumber terpercaya,” jelasnya.

Para peserta yang tampak semangat mengikuti kegiatan juga diberi kesempatan untuk bertanya dengan narasumber. Beragam pertanyaan dilontarkan seperti bagaimana mengatasi jika ide macet, hingga cara mencari data pendukung tulisan. Tak hanya mendengarkan teori, para peserta workshop juga praktik menulis artikel populer di media massa untuk kemudian dievaluasi bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya