SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Pembelajaran Matematika merupakan mata pelajaran yang dipelajari mulai dari sekolah dasar menengah hingga perguruan tinggi.

Pendidikan matematika di sekolah bertujuan membekali peserta didik dengan kemampuan beripikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif serta kemampuan bekerja sama.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Keberhasilan pembelajaran matematika dapat dilihat dari tingkat pemahaman, penguasaan materi, dan prestasi belajar peserta didik. Semakin tinggi pemahaman, penguasaan materi, semakin tinggi pula hasil belajar peserta didik.

Selama masa pandemi, tidak memungkinkan peserta didik untuk belajar secara tatap muka, melainkan belajar secara daring atau belajar online dari rumah.
Pembelajaran online biasa disebut e-learning, berasal dari kata electronic dan learning yang berarti pembelajaran menggunakan peralatan elektronik.

Pembelajaran secara online dapat menggunakan berbagai aplikasi ataupun media lainya. Seperti menggunakan media berbasis video.

Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik guru berupaya menggunakan media pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan media Capcut.

Media Capcut adalah salah satu software pengolah video yang sangat populer dan sudah diakui kecanggihannya. Kelengkapan fitur dan kemampuannya yang luar biasa dalam mengolah video, menjadikan software ini banyak dipakai oleh para youtuber, karena keberadaannya benar-benar mampu membantu dan memudahkan pemakai dalam membuat dan mengedit berbagai macam video atau pun video pembelajaran.

Pada umumnya Capcut memang sering digunakan untuk mengedit suatu movie, tetapi dapat pula menggunakan perangkat lunak ini untuk membuat suatu animasi digital untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran secara online.

Oleh karenanya dalam menggunakan media ini, terdapat berbagai rencana dan dilengkapi dengan alur yang digunakan sebagai petunjuk dalam merencanakan pembelajaran di kelas.

Pemanfaatan media Capcut dalam proses pembelajatan dapat dilaksanakan secara bertahap yang meliputi beberapa kegiatan dengan pembelajaran daring yaitu: tahap pertama adalah guru membuat materi pembelajaran mengenai materi Matriks dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media Capcut.

Tahap kedua jika sudah selesai membuat materi pembelajaran, selanjutnya guru membagikan materi pembelajaran pada grup WhatsApp kelas XI MIPA 1.

Tahap ketiga adalah guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami dengan mengajukan pertanyaan.

Tahap keempat adalah guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan materi bagi peserta didik yang masih kesulitan memahami materi.

Tahap kelima adalah guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait materi Matriks.

Tujuan pembelajaran tersebut dapat tercapai secara efektif dan efisien, dalam menggunakan media Capcut yang dilakukan oleh guru akan dapat membangkitkan motivasi dan minat peserta didik terhadap materi pelajaran yang diberikan, juga terhadap proses dan hasil belajar peserta didik.

Hasil belajar merupakan tingkat penguasaan yang dicapai oleh peserta didik dalam mengikuti program belajar mengajar, sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.

Berdasarkan penilaian harian yang telah dilakukan selama dan berdasarkan seluruh pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: Dengan Pendekatan Proses memiliki dampak positif dalam meningkatkan pemahaman konsep di Madrasah Aliyah Negeri Temanggung.

Hal ini dimaksudkan pemanfaatan media Capcut mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan hasil belajar bagi peserta didik Madrasah Aliyah Negeri Temanggung yang ditunjukkan dengan rata-rata jawaban peserta didik yang menyatakan bahwa peserta didik tertarik dan berminat dengan media Capcut sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.

Media Capcut dapat untuk mengingatkan kembali materi ajar yang telah diterima Madrasah Aliyah Negeri Temanggung selama ini, sehingga mereka merasa siap untuk menghadapi ujian akhir yang segera dilaksanakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya