SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Keterampilan menulis (writing skills) merupakan bentuk keterampilan komunikasi secara tertulis dan salah satu kompetensi yang harus dikuasai peserta didik guna menghadapi tantangan serta tuntutan abad ke-21.

Keterampilan menulis merupakan bentuk keterampilan berbahasa yang digunakan sebagai sarana berkomunikasi mengungkapkan ide, gagasan, dan pikiran secara tidak langsung melalui tulisan untuk dibaca oleh orang lain.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Keterampilan menulis memiliki banyak peran dan manfaat dalam proses pembelajaran di antaranya menambah wawasan dan pengetahuan, membantu meningkatkan pemahaman pengetahuan, kemampuan pemecahan masalah, berpikir kritis dan kreatif, mengembangkan keterampilan bahasa, serta merefleksikan pengetahuan dan pengalaman belajar yang dimiliki peserta didik.

Upaya yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan keterampilan menulis adalah menggunakan model EDP (Explaining, Drafting, dan Practicing).

Tahap Explaining adalah tahap pembelajaran yang akan memfokuskan siswa pada aspek tertentu dari pengalaman mereka pada fase-fase sebelumnya. Siswa diberikan kesempatan untuk menunjukkan pemahaman konsep mereka, keterampilan proses, atau perilaku.

Tahap Explaining ini adalah tahap yang memberikan kesempatan bagi guru untuk langsung memperkenalkan konsep, proses, atau keterampilan sehingga siswa dapat mengecek apakah pemahaman mereka tentang suatu pengetahuan itu adalah pengetahuan yang benar atau salah.

Tahap Drafting adalah tahapan yang meminta siswa untuk menggambarkan suatu sketsa pendahuluan dari suatu cerita yang ingin dikembangkan oleh siswa.

Pada model ini, guru awalnya akan meminta siswa untuk menemukan gagasan tentang cerita yang ingin siswa buat. Setelah siswa menemukan gagasan, siswa akan menuuangkannya dalam bentuk karya tulisan yang utuh.

Tahap Practicing adalah tahapan pembelajaran yang mana guru akan memberikan penjelasan kepada siswa agar memudahkan siswa untuk mempraktikkan apa yang sudah dijelaskan.

Pembelajaran praktik juga dapat berfungsi sebagai tindak lanjut dari tahapan pembelajaran setelah siswa memahami materi pembelajaran secara teori yang telah diajarkan.

Siswa akan diberikan kesempatan untuk terjun langsung dalam mengaplikasikan teori yang telah ia dapatkan dengan begitu siswa mendapatkan pengalaman mencoba hal baru dan dapat meningkatkan pemahamannya akan suatu teori yang telah diajarkan.

Dengan diterapkannya model EDP ini akan membuat keterampilan menulis siswa akan meningkat. Hal tersebut dikarenakan dengan model ini siswa akan mendapatkan penjelasan dari guru dan mempraktikkan apa yang sudah disampaikan oleh guru.

Berdasarkan penilaian harian pada keterampilan menulis yang telah dilakukan selama penerapan Model EDP dan berdasarkan seluruh pembahasan yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa: penerapan model EDP dapat meningkatkan keterampilan menulis.

Hal tersebut artinya penerapan model EDP mempunyai dampak yang positif, yakni dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X IPS 7 MAN 1 Magelang. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil penilaian harian terkait keterampilan menulis yang mengalami peningkatan setelah menerapkan model EDP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya