SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Secara umum, pengertian biologi adalah suatu kajian atau ilmu pengetahuan yakni tentang kehidupan dan organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, persebaran, evolusi serta taksonominya.

Secara etimologis, kata “Biologi” berasal dari bahasa Yunani, yakni Bios yang berarti hidup dan Logos yang berarti  ilmu pengetahuan. Biologi bisa didefinisikan sebagai suatu ilmu pengetahuan tentang kehidupan, termasuk hubungan antar mahluk hidup dan lingkungan hidupnya.

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Dilansir dari Norwegian University of Science and Technology, aspek biologi berkisar dari studi tentang mekanisme molekuler dalam sel hingga klasifikasi dan perilaku organisme.

Model pembelajaran diartikan sebagai suatu rancangan atau pola konseptual yang memiliki nama, sistematis dapat digunakan dalam menyusun kurikulum, memanaj materi, mengatur aktivitas peserta didik, memberi petunjuk bagi pengajar, mengatur setting pembelajaran, menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, mengarahkan pada tujuan yang diharapkan, dan mengevaluasinya (mengukur, menilai, dan memberikan feedback).

Model pembelajaran memiliki fungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan serta melaksanakan aktivitas pembelajaran.

Model pembelajaran tersebut salah satunya adalah model Inquiring Minds Want to Know. Secara etimologi, inquiring berasal dari kata inquiry yang berarti mencari, sedangkan minds berarti pikiran, want berarti ingin dan to know yang memiliki arti tahu.

Model Inquiring Minds to Know adalah salah satu dari beberapa model pembelajaran yang bertujuan untuk membantu siswa memperoleh pengetahuan lebih bermakna.

Keberhasilan model Inquiring Minds Want to Know ditentukan oleh besarnya partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Semakin siswa aktif mengambil bagian dalam kegiatan pembelajaran, maka semakin berhasil kegiatan pembelajaran tersebut.

Model Inquiring Minds Want to Know dalam pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar untuk membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi nyata siswa dan mendorong siswa untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat.

Model pembelajaran Inquiring Minds Want to Know ini terdiri atas empat langkah. Langkah pertama, buat satu pertanyaan tentang materi pelajaran yang dapat membangkitkan minat siswa untuk mengetahui lebih lanjut atau mau mendiskusikannya dengan teman.

Langkah kedua, beri saran agar siswa menjawab apa saja sesuai dengan dugaan mereka dengan menggunakan kata-kata perkiraan. Langkah ketiga, jangan memberi jawaban secara langsung. Tampung semua dugaan-dugaan. Biarkan siswa bertanya-tanya tentang jawaban yang benar.

Langkah keempat, gunakan pertanyaan tersebut sebagai jembatan untuk mengajarkan apa yang akan guru ajarkan kepada siswa pada sesi ini. Jangan lupa memberi jawaban yang benar di tengah-tengah guru menyampaikan pelajaran.

Em Zul (Kholidah & Sujadi, 2018) menyatakan pemahaman berasal dari kata “paham” atau mengerti benar sedangkan pemahaman adalah proses memahami.

Rosser (Deliany, Hidayat & Nurhayati, 2019) menjelaskan pengertian konsep adalah hal abstrak yang mewakili objek-objek kejadian atau hubungan-hubungan yang memiliki atribut sama.

Rustaman (Isnaini, 2016) menyatakan bahwa seseorang dikatakan memahami konsep jika dapat mengorganisasikan dan mengemukakan kembali sesuatu yang telah didapatkan atau dipelajari sebelumnya.

Pemahaman konsep sangat penting untuk dimiliki oleh siswa, dengan memahami konsep siswa akan lebih mudah mempelajari materi yang diterima. Selain itu, siswa juga akan lebih mudah untuk menerima konsep baru.

Memahami konsep bukan hanya dengan menghafal namun dengan mempelajari contoh-contoh konkret sehingga siswa mampu mendefinisikan sendiri suatu informasi.

Berdasarkan penilaian harian yang telah dilakukan selama dan berdasarkan seluruh pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: Dengan model Inquiring Minds Want to Know berdampak positif dalam meningkatkan pemahaman konsep bagi siswa di MAN 1 Magelang.

Hal ini dimaksudkan penerapan model Inquiring Minds Want to Know berdampak positif, yaitu dapat meningkatkan pemahaman konsep bagi siswa di MAN 1 Magelang yang ditunjukkan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa sangat antusias dan mempunyai motivasi untuk lebih giat belajar dengan Model Inquiring Minds Want to Know.

Penerapan model Inquiring Minds Want to Know efektif untuk menyampaikan materi pembelajaran di MAN 1 Magelang, sehingga siswa merasa siap dan aktif untuk mengikuti proses pembelajaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya