SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Ilmu kimia didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari materi dan perubahannya. Zat-zat yang terlibat dalam perubahan kimia yaitu unsur dan senyawa.

Untuk mengetahui ciri dari suatu unsur dan senyawa dapat diketahui dari sifat-sifat kimia dan fisis. Oleh karena itu, Kimia perlu diajarkan di MAN 2 Klaten agar siswa menguasai konsep dan prinsip kimia serta saling keterkaitan untuk mengembangkan pengetahuan.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Model pembelajaran digunakan guna membantu memperjelas prosedur pada saat guru mengajar, untuk menciptakan hubungan serta keadaan keseluruhan dari apa yang didesain dalam pembelajaran.

Salah satu model pembelajaran yaitu model Advance Organizer. Model Advance Organizer adalah kerangka utama yang disusun berdasarkan konsep-konsep dasar, proposisi, generalisasi, prinsip-prinsip dan hukum-hukum yang ada dalam suatu disiplin ilmu.

Kerangka ini menjadi pengantar tugas pembelajaran peserta didik. Penyusunannya, memerlukan waktu karena bahan itu harus dipelajari, dimengerti dan dikuasai terlebih dahulu.

Model ini ingin memperbaiki kelemahan metode presentasi dengan jalan menyeleksi, mengorganisasi dan menyampaikan informasi baru. Tujuannya adalah membantu peserta didik mempelajari dan menguasai bahan yang diajarkan (subject mater).

Pada dasarnya langkah-langkah pembelajaran model Advance Organizer tersebut terdiri atas tiga tahap yaitu tahap pertama, menjelaskan panduan pembelajaran/penyajian Advance Organizer yang menjelaskan tujuan pembelajaran, mempresentasikan panduan pembelajaran Advance Organizer, menumbuhkan kesadaran pengetahuan dan pengalaman siswa yang relevan.

Pada tahap kedua, menjelaskan materi dan tugas-tugas pembelajaran, menjelaskan materi pembelajaran, membangkitkan perhatian siswa, mengatur secara eksplisit tugas-tugas, menyusun susunan logis materi pembelajaran.

Pada tahap ketiga, penguatan organisasi kognitif meliputi menggunakan prinsip-prinsip secara terintegrasi, meningkatkan keaktifan aktivitas pembelajaran dan mengembangkan pendekatan kritis guna memperjelas materi pembelajaran.

Rasa ingin tahu (curiosity) merupakan keinginan untuk menyelidiki dan mencari pemahaman terhadap rahasia alam.

Rasa ingin tahu senantiasa akan memotivasi diri untuk terus mencari dan mengetahui hal-hal yang baru sehingga akan memperbanyak ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam kegiatan belajar.

Mustari (2011) menyatakan bahwa rasa keingintahuan merupakan sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari apa yang dipelajarinya, dilihat dan didengar. Hal ini berkaitan dengan kewajiban terhadap diri sendiri dan alam lingkungan.

Rasa ingin tahu adalah emosi yang dihubungkan dengan perilaku mengorek secara alamiah seperti eksplorasi, investigasi dan belajar.

Berdasarkan pengertian para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa rasa ingin tahu merupakan sikap atau tindakan yang mendorong manusia untuk mencari tahu tentang sesuatu yang dipelajari secara lebih mendalam. Rasa ingin tahu seseorang muncul karena adanya keinginan dan dorongan dalam diri untuk menemukan hal-hal baru.

Pengertian belajar menurut Slameto (2010: 18), merupakan kegiatan manusia yang berakal, pengetahuan, sikap dan keterampilan akan terbentuk, termodifikasi serta berkembang melalui proses belajar.

Belajar adalah perubahan tingkah laku pada diri individu sebagai akibat dari pengalaman. Oleh karena itu seseorang dikatakan belajar bila di dalam dirinya terjadi suatu proses kegiatan yang mengakibatkan perubahan tingkah laku. Perubahan tingkah laku ini disertai usaha, karena tanpa usaha tidak dapat dikatakan belajar.

Berdasarkan penilaian harian yang telah dilakukan selama dan berdasarkan seluruh pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: Dengan model Advance Organizer memiliki dampak positif dalam meningkatkan rasa keingintahuan yang ditandai dengan peningkatan nilai siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Klaten.

Hal ini dimaksudkan penerapan model Advance Organizer mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan rasa keingintahuan bagi siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Klaten yang ditunjukkan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa lebih mudah memahami pembelajaran dengan model Advance Organizer sehingga rasa keingintahuan menjadi meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya