SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Pemahaman konsep adalah suatu yang sudah terpola dalam pikiran sehingga dapat dituangkan secara verbal atau tertulis.

Pemahaman konsep sangat penting dalam proses pembelajaran karena pemahaman konsep merupakan tahapan dalam memahami suatu informasi yang abstrak yang dalam proses memahaminya harus menggolongkan suatu objek atau fenomena.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Pemahaman konsep ini digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa yang berupa pemahaman konsep dan guru dapat melakukan evaluasi produk. Jadi dalam pembelajaran, pemahaman konsep merupakan hal yang penting untuk ditingkatkan.

Upaya yang bisa dilakukan guru adalah mencari model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep. Pemilihan model yang tepat akan menimbulkan kesan positif untuk siswa sehingga siswa akan mengalami kemajuan.

Salah satu model yang dapat digunakan oleh guru adalah model EESE (Engage, Explain, Summary, dan Evaluation). Model EESE memiliki empat tahap yakni Engage, Explain, Summary, dan Evaluation.

Tahap Engage adalah tahap merupakan tahap di mana siswa dan guru akan saling memberikan informasi dan pengalaman tentang pertanyaan-pertanyaan awal tadi, memberitahukan siswa tentang ide dan rencana pembelajaran sekaligus memotivasi siswa agar lebih berminat untuk mempelajari konsep dan memperhatikan guru dalam mengajar.

Tahap Explain merupakan tahap yang di dalamnya berisi ajakan terhadap siswa untuk menjelaskan konsep-konsep dan definisi-definisi awal yang mereka dapatkan ketika tahap Engage. Kemudian dari definisi dan konsep yang telah ada didiskusikan sehingga pada akhirnya menuju konsep dan definisi yang lebih formal.

Pada tahapan ini guru dituntut untuk mendorong siswa untuk menjelaskan suatu konsep dengan kalimat atau pemikiran, meminta bukti dan guru akan mengklarifikasi penjelasan dari siswa dan saling mendengarkan penjelasan antar siswa ataupun guru.

Tahap Summary dimaksudkan untuk memperkuat apa yang telah mereka pahami dalam proses pembelajaran. Summary merupakan tahap akhir dari pelaksanaan kegiatan pembelajaran.

Dalam tahapan ini guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari pada hari itu. Kegiatan ini berupa pembuatan rangkuman dari seluruh kegiatan pembelajaran.

Tahap Evaluation merupakan tahap evaluasi dari hasil pembelajaran yang telah dilakukan pada tahap ini dapat digunakan berbagai strategi penilaian formal dan informal.

Guru diharapkan secara terus menerus dapat mengobservasi dan memperhatikan siswa terhadap kemampuan dan keterampilannya untuk menilai tingkat pengetahuan dan atau kemampuannya, kemudian melihat perubahan pemikiran siswa terhadap pemikiran awalnya.

Pada tahap ini guru mengevaluasi siswa dan mencari tahu apa yang siswa ketahui setelah belajar.

Berdasarkan penilaian harian pada pemahaman konsep yang telah dilakukan selama pembelajaran dengan menggunakan model EESE maka dapat disimpulkan bahwa: Penerapan model EESE dapat meningkatkan pemahaman konsep.

Hal tersebut artinya penerapan model EESE mempunyai dampak yang positif, yakni dapat meningkatkan pemahaman konsep kelas XI IPA 5 MAN 1 Magelang. Hal tersebut dengan hasil penilaian harian terkait pemahaman konsep yang mengalami peningkatan setelah menerapkan model EESE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya