SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Kreativitas memberikan peranan yang sangat penting dalam pembelajaran, yakni berguna untuk meningkatkan pemahaman dan mendorong perkembangan siswa.

Kreativitas adalah keterampilan untuk membuat kombinasi dengan informasi yang ada di dalam belahan otak kanan yang perlu diasah untuk menghususkan nonverbal dan holistik intuituf, imajinatif.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Kreativitas merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menghasilkan suatu hal yang baru baik dari ide, dan gagasan yang dimilikinya akan menghasilkan sesuatu yang memiliki daya guna.

Ide dan juga gagasan yang baru inilah yang nantinya dapat membantu siswa untuk mengembangkan kreativitas. Kreativitas siswa adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru.

Sesuatu yang baru di sini bukan berarti harus sama sekali baru, tetapi dapat juga sebagai kombinasi dari unsur-unsur yang telah ada sebelumnya.

Upaya yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan kreativitas siswa adalah menggunakan Teaching Factory. Model pembelajaran Teaching Factory adalah model pembelajaran yang didasarkan pada segitiga pengetahuan yang bertujuan untuk menjadi paradigma baru bagi pembelajaran akademis dan industri.

Teaching Factory merupakan suatu pendekatan pembelajaran berbasis produksi atau jasa dengan mengacu kepada standar atau prosedur yang berlaku di dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja sehingga diharapkan mampu mengatasi kesenjangan kompetensi antara yang dibutuhkan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja dan kompetensi yang dihasilkan sekolah.

Tujuan dari pembelajaran Teaching Factory menyadarkan bahwa mengajar siswa seharusnya lebih dari sekadar apa yang terdapat dalam buku.

Siswa tidak hanya mempraktikkan soft skill dalam pembelajaran, belajar untuk data bekerja secara tim, melatih kemampuan komunikasi secara interpersonal, tetapi juga mendapatkan pengalaman secara langsung dan latihan bekerja untuk memasuki dunia kerja.

Pembelajaran Teaching Factory mengajarkan kepada siswa bagaimana menemukan masalah, membangun prototipe, belajar membuat proposal bisnis, dan belajar untuk mempresentasikan solusi yang mereka miliki.

Salah satu keunggulan model Teaching Factory adalah dapat meningkatkan kreativitas siswa. Kreativitas timbul dan meningkat karena adanya latihan dari individu masing-masing.

Model Teaching Factory dapat menstimulasi siswa sehingga timbul kreativitas dalam melakukan pekerjaan maupun dalam mengatasi masalah-masalah yang timbul di tempat Teaching Factory.

Berdasarkan penilaian harian pada kreativitas siswa yang telah dilakukan selama penerapan model Teaching Factory dan berdasarkan seluruh pembahasan yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa: Penerapan model Teaching Factory dapat meningkatkan kreativitas siswa.

Hal tersebut artinya penerapan model Teaching Factory mempunyai dampak yang positif, yakni dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas X Busana 1 MAN 1 Magelang.

Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil penilaian harian pada kreativitas siswa yang mengalami peningkatan setelah menerapkan model Teaching Factory.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya