SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Pemanasan global adalah isu yang penting untuk diperhatikan bersama. Ditandai dengan adanya perubahan suhu, cuaca, dan pergantian musim yang sulit diprediksi. Salah satu untuk mengatasi hal ini adalah dengan penghijauan. Penghijauan sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup.

Semakin hari jumlah pohon di bumi semakin berkurang. Ketersediaan hutan di dunia saat ini semakin sedikit. Hal ini diakibatkna adanya penebangan hutan, pembukaan lahan untuk perkebunan atau perindustrian. Tidak hanya lahan yang berkurang namun juga makhluk hidup  yang tinggal di hutan terancam habitatnya. Tidak hanya di lingkunan desa atau hutan yang mulai berkurang jumlah pohonnya. Di perkotaan kita akan menjumpai lahan-lahan kosong dan pohon-pohon yang tinggi.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Di kota Surakarta saat ini lahan-lahan kosong sudah banyak beralih menjadi bangunan dan gedung-gedung yang tinggi. Tidak heran jika rumah-rumah padat penduduk jarang ditemukan pohon. Maka SD Djama’atul Ichwan Program Utama Surakarta melakukan kegiatan penghijauan dengan menanam pohon di lahan kosong.

Tema kegiatan ini adalah “Hijau Lingkunganku Sehat Bumiku”. Menanam pohon dilakukan pada siang hari di sebuah pekarang sekitar sekolah. Beberapa siswa menyerahkan sejumlah bibit pohon kepada warga sekitar sekolah dan menanam pohon bersama. Pohon yang ditanam diantara pohon alpukat, durian, sawo, dan lain-lain. Pohon-pohon ini adalah hasil sumbangan dari solopos dalam kegiatan “Green Movement“.

Baca Juga: Green Movement Memantik Semangat Pengembangan Sekolah Hijau

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan memberikan pemahaman kepada siswa supaya menjaga kelestarian alam. Selain itu, kegiaatan menanam pohon diharapkan dapat membentuk karakter siswa peduli terhadap lingkungannya. Lingkungan hijau akan mendukung kualitas udara yang ada lingkungans sekitar. Jika kualitas udara bagus maka oksigen yang dihirup oleh manusia juga bagus.

Penghijauan sangat dibutuhkan di lingkungan perkotaan yaitu dapat menurunkan suhu suatu tempat, udara menjadi segar, teduh, nyaman, dan asri. Penghijauan juga bermanfaat sebagai sarana pencegahan terjadinya banjir. Akar-akar pohon akan menyerap air dan mencegah erosi tanah. sejalan dengan tema kita yaitu “Hijau Lingkunganku Sehat Bumiku”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya