SOLOPOS.COM - Upacara HUT ke-78 RI di Langit Benderang Arsa Sukoharjo. (Wartawan Siswa/Kiky Adimar Putri)

Solopos.com, SOLO-Merdeka! Merdeka! Merdeka! Langit benderang kemerdekaan sangat terasa kala pada 17 Agustus 2023 pukul 06.45 WIB diadakan upacara kemerdekaan HUT ke-78 RI di SMAU CT Arsa Foundation Sukoharjo.

Upacara dikomandani oleh salah satu siswa sebagai pemimpin upacara, Fiyandika Dwi Saputra yang termasuk dalam anggota Pasaka (Paskibra SMAU CTAF Sukoharjo).

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Upacara berlangsung khidmat dan diikuti seluruh warga sekolah. Upacara kali ini terasa lebih istimewa karena Ketua Yayasan CT Arsa Foundation, Anita Ratnasari Tanjung, juga turut hadir.

 

HUT RI dilangit benderang Arsa
Perayaan HUT ke-78 RI di Langit Benderang Arsa (Wartawan Siswa/Kiky Adimar Putri)

Bunda Anita, sapaan dari anak Arsa untuk Anita Ratnasari Tanjung,  terlihat mengenakan balutan jas putih siap untuk bertugas sebagai inspektur upacara. Bunda Anita dalam amanatnya mengingatkan anak-anaknya agar selalu bersyukur, berprestasi dengan diikuti perkembangan teknologi, dan selalu mencintai alam.

 

HUT RI dilangit benderang Arsa
Peringatan HUT ke-78 RI di Langit Benderang Arsa berupa lomba sundul air. (Wartawan Siswa/Kiky Adimar Putri)

Pada 18 Agustus 2023, perlombaan pitulasan juga turut dilaksanakan dengan meriah. Seluruh siswa-siswi juga turut mengikuti dan seluruh anggota OSIS SMAU CT Arsa Foundation Sukoharjo menjadi panitia. Semarak gebyar kemerdekaan tahun ini adalah Gelorakan Semangat Merdekamu untuk Mewujudkan HUT ke-78 RI Terus Melaju untuk Indonesia Maju.

Dengan semangat membara, giat lomba di pagi hari itu adalah lomba gerak jalan dengan mengirimkan seluruh personel di setiap  kelas. Mereka mengenakan kostum dengan seunik mungkin. Ada yang mengenakan sarung, baju adat, hingga seragam pramuka. Hal itu diharapkan akan menambah kreativitas siswa, ditambah lagi dengan adanya lomba yel-yel suasana perlombaan seperti sedang berkompetisi mempertaruhkan nama baik masing-masing kelas.

Lomba gerak jalan dilaksanakan di luar kampus.  Lomba ini merupakan perlombaan baris berbaris dengan aba-aba dari salah satu personel kelas sebagai komandan. Perlombaan semakin seru saat para personel di setiap kelas menunjukkan yel-yelnya di depan juri hingga beberapa siswa mengeluh suaranya serak sehabis meneriakkan yel-yel kebanggaan kelas.  Perlombaan ditutup dengan keliling sawah dan desa sekitar sekolah.

Pada Sabtu (19/8/23), peringatan HUT ke-78 RI di CT Arsa Sukoharjo dimeriahkan dengan sejumlah permainan misalnya lomba estafet kelereng dengan memasukkan ke dalam gelas, lalu ada perlombaan sundul air, dan juga lomba estafet air. Uniknya di lomba estafet air dalam pemindahan air ke orang satu ke yang lainnya, yang biasanya menggunakan gelas kini dengan tangkupan tangan saja. Gimana? Tambah sulit,kan?

Ada juga lomba tarik pita suara atau menyanyikan lagu-lagu kebangsaan lalu ada juga lomba angkat bumi di mana disediakan 6 tongkat untuk mengangkat bumi yang divisualisasikan dengan bola sepak lalu keenam orang akan berjalan menuju halang rintang untuk sampai ke garis finis, pemenang akan dinobatkan ketika sampai dengan cepat dan membawa bola tanpa jatuh.

Yang membuat permainan tambah seru adalah tim yang kalah akan dicoret tepung basah oleh lawan yang menang, bahkan untuk menghindari dari coretan ada juga siswa yang berlari-larian. Tambah seru, bukan?

“Pokoknya acara tahun ini lebih seru dan banyak permainannya,” kata salah satu siswi Keke Adimar menerangkan keseruan event 17-an tahun ini.

Menurut ketua panitia lomba HUT ke-78 RI di SMA CT Arsa Sukoharjo, Burhan Adli Fadhilah Ramadhan,  perlombaan ini diharapkan dapat meningkatkan rasa kerja sama, kreativitas, dan  solidaritas.

“Untuk harapan HUT RI disekolah ini adalah agar bisa menumbuhkan semangat, kekompakan kelas dan juga kreativitas, serta menunjang pemikiran kritis dari temen-temen semuanya. Dan setelah adanya event ini dapat menjalin solidaritas dan kerukunan dari seluruh warga sekolah SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo,” tutur dia pada Sabtu (19/8/2023).

 

Wasis Solopos

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya