SOLOPOS.COM - Pesantren Kilat Ramadan yang diadakan SMA Batik 1 Surakarta.

Solopos.com, SOLO — Bulan suci Ramadan sudah akrab dengan berbagai kegiatan islami di dalamnya, tak terkecuali Pesantren Kilat Ramadan. Setelah dua tahun lamanya kegiatan luring vakum dikarenakan pandemi, akhirnya pada tahun 2023 ini bisa kembali melaksanakan kegiatan, seperti Pesantren Ramadan secara tatap muka.

Dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan bulan Ramadan ini, Damba (Dai Muda Batik) dan KKI (Koordinator Kegiatan Islam) SMA Batik 1 Surakarta mengadakan Pesantren Ramadan yang berlangsung di Asrama Haji Donohudan pada hari Rabu, 29 Maret 2023 sampai dengan Jumat, 31 Marat 2023.

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Kegiatan yang bertajuk “Cinta Ramadhan, Cinta Al-Qur’an” ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas X. Pesantren Ramadan dimulai dari jam 07.30 WIB dan diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah SMA Batik 1 Surakarta, Sutana, yang selanjutnya melaksanakan salat duha bersama dan tadarus atau membaca Al-Qur’an.

Materi inti kegiatan Pesantren Ramadan kali ini diisi Damba Smabasa dan KKI Smabasa. Adapun materi kegiatan ini di antaranya tentang akidah, adab, taharah, dan bakti kepada orang tua. Selain mendengarkan materi, para siswa juga diajak untuk melaksanakan praktik kultum dan setoran hafalan Al-Qur’an.

Rangkaian acara demi acara berlangsung dengan lancar dan ditutup dengan pengajian akbar dari Ustaz Hanifullah Sukri tentang “Adab Pergaulan Remaja”. Selama tiga hari Pesantren Ramadan ini, para siswa juga dilatih untuk lebih mandiri dan tidak bergantung pada gadget. Harapannya, setelah kembali dari kegiatan pesantren ini para siswa memperoleh pelajaran dan perilaku untuk menjadi lebih baik lagi.

Kegiatan ini telah disiapkan oleh KKI dan Damba SMA Batik 1 Surakarta. Dalam mempersiapkan acara tersebut, KKI dan Damba sebelumnya telah melaksanakan pembentukan panitia dan merancang susunan kegiatan sehingga bisa berjalan dengan lancar dan antusias. Para peserta Pesantren Kilat pun begitu semangat.

Konten ini merupakan user generated content atau UGC kiriman sekolah. Sekolah Anda bisa menjadi bagian dari UGC di Solopos.com dengan cara klik di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya