SOLOPOS.COM - Spanduk kegiatan peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Badranasri RT 002/ RW 012 Karanganyar. (Wartawan Siswa/Felita Putrisean)

Solopos.com, SOLO-Halo Sobat Solopos! Gimana kabar kalian? Semoga selalu sehat ya!

Bulan Agustus identik dengan Hari Kemerdekaan. Setiap daerah memiliki kegiatan yang berbeda-beda untuk merayakan HUT ke-78 Kemerdekaan RI. Yuk, kita intip kemeriahan perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di lingkungan Badranasri RT 002/RW 012, Karanganyar.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Rangkaian kegiatan untuk menyambut Kemerdekaan Indonesia telah disambut oleh warga Badranasri RT 002/RW 012, Karanganyar, sejak Selasa (1/8/2023) dengan pemasangan umbul-umbul dan bendera Merah Putih. Pada Minggu (13/8/2023) panitia mempersiapkan lomba untuk anak-anak, seperti membaca puisi, membaca Proklamasi Kemerdekaan, dan membaca Pancasila.

Selain lomba untuk anak-anak, terdapat kegiatan senam bersama untuk ibu-ibu, kegiatan kerja bakti bapak-bapak dan jalan santai bersama. Puncak rangkaian kegiatan untuk menyambut Kemerdekaan Indonesia di lingkungan Badranasri RT002/RW012 adalah malam tirakatan, Rabu (16/8/2023). Malam tirakatan ini diisi dengan berbagai aktivitas seperti pembagian doorprize, hiburan, pengumuman juara perlombaan, dan ramah tamah.

“Khususnya di RT 002/RW 012 dalam memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia begitu semarak dengan adanya berbagai rangkaian kegiatan. Kegiatan pertama, khususnya tanggal 1 Agustus sudah dilakukan pemasangan umbul-umbul dan bendera Merah Putih. Selanjutnya, pada 13 Agustus kemarin diadakan kegiatan lomba anak-anak, senam ibu-ibu, kegiatan kerja bakti bapak-bapak dan jalan santai bersama,”  ungkap Ketua RT 002, Abdul Rahman, saat ditemui Wasis.

Puncak acara perayaan HUT ke-78 RI adalah malam tirakatan yang diisi dengan pemberian doorprize kepada warga Badranasri RT002/RW012  yang hadir.  “Ada beberapa warga yang memberikan doorprize kejutan yang nilainya lumayan sedangkan akhir dari rangkaian kegiatan adalah pembubaran panitia,”  jelasnya.

Doorprize yang disediakan oleh panitia pada malam tirakatan, Rabu (16/8/2023). (Wartawan Siswa/Felita Putrisean)

Panitia yang mempersiapkan acara mengaku tidak menemukan kesulitan yang berarti karena rangkaian kegiatan Kemerdekaan Indonesia telah dilakukan selama bertahun-tahun.

“Sebenarnya karena kegiatan ini rutin dilakukan, jadi segala rangkaian acara-acara yang kita gunakan sudah bertahap sekian tahun. Kami berpikir bagaimana acara tahun ini dapat memiliki konsep yang berbeda dari tahun sebelumnya, dalam arti acara tahun kemarin kita evaluasi untuk acara tahun ini, dan acara tahun ini kita evaluasi untuk acara tahun depan. Jadi semuanya akan serasi dan konsisten,” ungkap ketua panitia, Sinung Nugroho, kepada Wasis.

Salah satu peserta yang mengikuti perlombaan pada pada Minggu (13/8/2023). (Felita Putrisean)

Rangkaian kegiatan perayaan HUT ke-78 RI ini disambut baik oleh masyarakat di lingkungan Badranasri RT 002/RW 012. Banyak warga yang merelakan waktu, materi, dan tenaga untuk keberhasilan rangkaian kegiatan ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya