SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SUKOHARJO – Akhir pekan lalu SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo melakukan pelepasan dan pemberangkatan alumninya untuk mengikuti program magang jepang. LPK Mutu Gakkou bekerjasama dengan LPK JIB  (Jaya Indonesia Berkarya ) memberangkatkan 2 alumni SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo pada Minggu (18/6/2023) untuk magang di Jepang.

Setelah melalui mensetsu atau wawancara dengan pihak perusahaan Jepang, 2 alumni lolos wawancara di Perusahaan Kagoshima Japan dan telah diberangkatkan akhir pekan lalu. Muhammad Izul Haqqi dan Aditya Sholeh Pambudi merupakan alumni SMK Mutuharjo lulusan tahun 2022. Keduanya mengikuti program Magang Jepang yang diselenggarakan oleh LPK Mutu Gakkou milik SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo bekerja sama dengan LPK JIB Bekasi.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Melalui proses seleksi dan pelatihan bahasa jepang serta budaya jepang, akhirnya Sholeh dan Izzul diberangkatkan untuk bekerja di Jepang pada Perusahaan Kagoshima yang bergerak di bidang manufacturing.

“Saya sangat senang dan bersyukur dapat mengikuti program magang Jepang yang diselenggarakan oleh SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Banyak ilmu yang saya dapatkan serta  kemudahan fasilitas selama mengikuti pelatihan dan pendidikan bahasa serta budaya jepang,” ungkap Sholeh menjelang pemberangkatan.

Kegiatan dimulai dari upacara pelepasan yang dilaksanakan di kantor LPK JIB Bekasi, dihadiri oleh pimpinan LPK JIB yaitu Rusdyanto bersama dengan perwakilan dari pihak SMK Muhammadiyah 1 Sukoharajo yaitu Ahmad Sigit Riswanto, M.Pd selaku Wakil Kepala sekolah bidang Humas dudi berserta dengan Sulasno, S.PdI selaku ketua program magang jepang SMK Mutuharjo. Setelah upacara pelepasan dilanjutkan dengan pemberangkatan di Bandara Sukarno Hatta, Jakarta.

Dalam sambutannya, Ahmad Sigit Riswanto, M.Pd menyampaikan program ini akan terus berkembang tidak hanya untuk alumni SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo, tetapi bagi lulusan sekolah lain juga dapat bergabung mengikuti program magang Jepang di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dengan mendapatkan fasilitas dan kemudahan untuk mewujudkan keinginan bekerja di Jepang.

Selain Izzul dan Sholeh yang telah diberangkatkan pada awal pekan ini, bulan depan akan menyusul 2 alumni berikutnya yang telah lolos mensetsu dengan pihak Perusahaan NOK di Japan, yaitu Rangga dan Aditya. Saat ini mereka sedang proses pengurusan visa dan persiapan kelengkapan surat-surat.

SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo juga memberikan fasilitas kepada  siswa-siswinya yang masih duduk di bangku kelas X yang sejak awal sudah  berminat mengikuti Program Magang Jepang dalam ekstrakurikuler Bahasa Jepang melalui LPK Mutu Gakkou milik SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dengan pembelajaran yang lebih intens. Harapannya setelah lulus nanti siswa sudah siap mengikuti mensetsu/wawancara job dengan pihak perusahaan Jepang, sehingga akan mempercepat siswa untuk segera berangkat magang bekerja di Jepang.

 

“Konten ini merupakan user generated content atau UGC kiriman sekolah. Sekolah Anda bisa menjadi bagian dari UGC di Solopos.com dengan cara klik di sini.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya