Rancangan Busana Siswa SMK Kudus Dinilai Bisa Tembus Nasional

Rancangan busana bati Kudus dari sejumlah Siswa SMK di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dinilai oleh Desainer Denny Wirawan bisa tembus tingkat nasional.

 Sejumlah model tengah berjalan di atas catwalk untuk menampilkan busana karya siswi SMK NU Banat Kudus di acara "fashion show" pada program "Ruang Kreatif: Batik Kudus in Fashion" di aula SMK NU Banat Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (13/8/2022). (Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)

SOLOPOS.COM - Sejumlah model tengah berjalan di atas catwalk untuk menampilkan busana karya siswi SMK NU Banat Kudus di acara "fashion show" pada program "Ruang Kreatif: Batik Kudus in Fashion" di aula SMK NU Banat Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (13/8/2022). (Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Solopos.com, KUDUS — Rancangan busana dari sejumlah Siswa SMK di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dinilai oleh Desainer Denny Wirawan bisa tembus tingkat nasional dan bersaing dengan karya perancang busana ternama.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Hal itu disampaikan Denny setelah mengikuti fashion show karya siswa SMK Nu Banat dan SMKN 3 Kudus pada program Ruang Kreatif: Batik Kudus in Fashion di Aula SMK Banat Kudus, Sabtu (13/8/2022).

“Dari 142 kelompok siswa yang diberi tugas untuk membuat rancangan busana dengan memanfaatkan kain batik Kudus, sekitar 50 persen karya mereka sudah layak dijual di pasaran,” ujar Denny.

Kendati masih kategori pelajar, Denny menilai karya para siswa sudah cukup bagus terlihat dari karya mereka mulai dari kategori ready to wear, sustainable fashion, serta batik Kudus.

Dikutip dari Antara, tujuan penggunaan bahan lokal, kata dia, dalam rangka mengangkat potensi daerah agar bisa dipasarkan di pasar nasional maupun internasional.

Baca juga: Mantul! Juara Dunia, Pesilat Putri Kudus Bakal Diberi Hadiah Prabowo

Untuk itulah, kata dia, kolaborasi antara dirinya bersama Djarum Foundation menargetkan ada generasi penerus di bidang fashionn yang bisa bersaing di level nasional maupun internasional.

Denny bahkan mengaku optimistis hal itu bisa diwujudkan, setelah melihat karya 182 siswa yang tergabung dalam 14 kelompok cukup bagus.

Padahal, program “Ruang Kreatif: Batik Kudus in Fashion” ini baru pertama kali digelar, para siswa kelas 11 sebagai peserta hanya diberi waktu dari mentoring dan pembuatan busana tidak sampai satu pekan.

“Ternyata hasilnya sangat luar biasa. Ke depannya apa-apa yang disampaikan pada program tersebut bisa diterapkan pada kurikulum pelajaran di sekolah agar siswa terbiasa. Misal, soal kualitas jahitan,” ujarnya.

Baca juga: Asyiknya Belajar Riasan Seni Wajah Bersama SMK PGRI Mejobo Kudus

Dari sejumlah karya siswa ada satu karya yang dinilai oleh juri dari Editor in Chief Harper’s Bazaar Indonesia Ria Lirungan memenuhi syarat untuk dijual di toko yang ada di Harper’s Bazaar Indonesia.

Juri lain yang dihadirkan, yakni Hagai Pakan selaku fashion stylist juga memberikan apresiasi atas karya siswi dari SMK NU Banat maupun siswi SMKN 3 Kudus.

Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation Renitasari Adrian mengungkapkan bahwa “Ruang Kreatif: Batik Kudus in Fashion” dengan menggandeng Denny Wirawan yang merupakan desainer terkenal di Tanah Air ini untuk mengangkat batik Kudus.

Baca juga: Siapa Pendiri Pramuka Indonesia? Ini Penjelasannya

“Kami berkomitmen mengawal anak-anak tersebut dan nantinya akan melihat progres mereka karena nantinya ada yang mendapatkan beasiswa di Esmod Jakarta maupun di studio mode Denny Wirawan,” ujarnya.

Ia juga menargetkan akan lahir generasi baru sebagai desainer handal dengan mengangkat batik Kudus yang bisa bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Ketika menjadi pelaku fashion industri tentunya akan terjadi perputaran bisnis sehingga perajin kain juga bisa turut menikmati perputaran roda perekonomian.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Tips Mengajari Keselamatan Diri bagi Anak Sekolah

Berikut ini tips mengajari anak sekolah keselamatan diri.

Meriahkan Hari Guru Nasional, SMP Batik Surakarta Lepas 36 Balon Harapan

Memperingati Hari Guru Nasional ke-77, siswa dan orang tua/wali SMP Batik Surakarta menerbangkan 36 balon harapan.

Tips Cegah Bau Badan bagi Pelajar

Memiliki bau badan menyengat tentu bakal mengganggu teman-teman di kelas, karena itu pelajar perlu tahu tips mencegahnya.

Azzahra Fun Festival di Sragen, Dorong Perkembangan Anak Usia Dini Lewat Lomba

KB-TK Islam Terpadu Azzahra Sragen menggelar Azzahra Fun Festival (AFF), di sekolah setempat, Sabtu (19/11/2022).

Hari Guru Nasional 2022, Begini Cara Menghormati Guru

Berikut ini sejumlah cara untuk menghormati dan menghargai jasa para guru.

Diserbu Peserta dari Jateng-DIY, SMK Mutuharjo Gelar Tes Wawancara Magang Jepang

SMK Mutuharjo menfasilitasi bagi alumni maupun nonalumni yang ingin bekerja ke Jepang didukung  dengan  relasi LPK di perusahaan-perusahaan besar Jepang.

Pantik Jiwa Kepemimpinan, OSIS dan Dewan Ambalan Al Azhar IIBS Ikuti LDKO

Al Azhar IIBS kemudian menggelar LDKO sebagai upaya untuk melatih kemampuan siswa dalam hal berorganisasi dan kepemimpinan.

Sepekan di Jepang, Intip Kegiatan Seru SMA Assalaam Sukoharjo di Negeri Sakura

Sepekan berada di Jepang, intip yuk keseruan kegiatan siswa SMA Assalaam Sukoharjo selama berada di Negeri Sakura.

Keseruan Siswa SMP Batik Solo Ikuti Gerakan Cinta Museum

Siswa kelas VII E SMP Batik Solo menjadi salah satu peserta Gerakan Cinta Museum yang diselenggarakan oleh Museum Keris Nusantara.

Raup 59% Suara, Nadya Surya Callista Terpilih Jadi Ketua OSIS SMA Batik 1 Solo

Berdasarkan hasil pemungutan suara akhirnya terpilihlah Nadya Surya Callista sebagai Ketua OSIS SMA Batik 1 Solo periode 2022-2023 dengan total suara 59,2%.

Tips Agar Tidak Terlambat Datang ke Sekolah

Berikut ini sejumlah tips agar kalian tidak terlambat ke sekolah.

Manasik Haji SMA Batik 1 Surakarta 2022

SMA Batik 1 Surakarta melaksanakan outing class yaitu manasik haji pada Jumat (11/11/2022) dan diikuti seluruh siswa kelas X didampingi wali kelas beserta guru yang menjadi muthawif.

Meriah! Market Day SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Pacu Semangat Entreprenuer Siswa

Kegiatan Market Day di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo sebagai wujud implementasi SMK Pusat Keunggulan dalam bidang sektor ekonomi kreatif.

Cara Membentuk Siswa Berkarakter, Salah Satunya Guru Harus Jadi Teladan Baik

Berikut ini sejumlah cara untuk membentuk siswa berkarakter.

Begini Cara Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Berikut ini sejumlah cara untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa.

SMA Batik 1 Solo Study Campus ke Malaysia: Persiapan Menuju Universitas Impian

Siswa kelas internasional SMA Batik 1 Surakarta melakukan study campus ke Malaysia dan mengunjungi beberapa kampus ternama di Kuala Lumpur.