SOLOPOS.COM - Kunjungan industri SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo ke wilayah Malang-Batu-Surabaya, Selasa hingga Rabu (7-8/2/2023).

Solopos.com, SOLO – Pekan pertama di Februari, tepatnya pada Selasa hingga Rabu (7-8/2/2023), SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo (Mutuharjo) mengadakan industrial visit atau kunjungan industri ke wilayah Malang-Batu-Surabaya, Jawa Timur.

Kunjungan itu merupakan salah satu upaya revitalisasi sekolah menengah kejuruan (SMK) dengan membuka peluang sebesar-besarnya berafiliasi dengan dunia usaha dan dunia industri agar siswa mengetahui tataran praktik tentang dunia industri.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Kunjungan industri merupakan salah satu jenis kegiatan pembelajaran di luar lingkungan sekolah untuk menambah wawasan siswa dan untuk melihat secara langsung suasana/kondisi industri yang sesuai dengan program keahlian masing-masing.

Kunjungan industri ini diikuti 392 siswa-siswi kelas XII dengan 19 pendamping dari guru. Kegiatan dimulai  dengan seremonial pelepasan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas Dudi SMK Muhammadiyah 1 Sukoharj, Ahmad Sigit Riswanto, M.Pd, Selasa (7/2/2023).

“Sebenarnya program kunjungan industri ini dilaksanakan untuk siswa kelas X, namun karena pandemic kemarin akhirnya baru bisa terlaksana saat siswa sudah duduk di kelas XII. Kami berharap dengan program kunjungan industri (KI) ini, siswa-siswi semakin paham tentang wawasan dunia industri, budaya kerja industri sebagai bekal nanti setelah siswa lulus dan bekerja di berbagai perusahaan,” ungkap Ahmad Sigit saat memberikan sambutan.

Ada enam perusahaan yang menjadi tujuan kunjungan industri SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo di Surabaya. Kunjungan industri Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan serta Teknik Elektronika Industri dilaksanakan di Agropolitan TV Malang.

Untuk Kompetensi Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, kunjungan industri dilaksanakan di PT Adiputro Group dan Bale Riset Malang. Kemudian untuk kunjungan industri Kompetensi Kealihan Teknik Pemesinan dilaksanakan di UPT Logam dan Pengecoran.

Sedangkan kunjungan industri Kompetensi Keahlian Teknik Bisnis dan Sepeda Motor dilaksanakan ke PT.Kurnia Motor. Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak melaksanakan kunjungan industri di PT Omadata Data Center.

Kunjungan industri ini diharapkan menumbuhkan rasa percaya diri dan dorongan semangat pada siswa-siswi Mutuharjo dalam melaksanakan Proses Belajar Mengajar (PBM) disekolah.

Selain itu, memberikan pengalaman langsung kepada siswa tentang dunia kerja yang sebenarnya pada lingkungan dunia industri, serta memberikan informasi tentang ketenaga kerjaan yang akan bermanfaat pada saat setelah siswa dinyatakan lulus dari satuan pendidikan.

Konten ini merupakan user generated content atau UGC kiriman sekolah. Sekolah Anda bisa menjadi bagian dari UGC di Solopos.com dengan cara klik di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya