SOLOPOS.COM - Ilustrasi berangkat ke sekolah. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Agar bisa mengikuti pelajaran dengan maksimal dan tidak tergesa-gesa berangkat, ketahui sejumlah tips agar anak tidak datang terlambat ke sekolah. Simak ulasannya di tips parenting kali ini.

Ada sejumlah penyebab yang mungkin terjadi karena siswa datang terlambat ke sekolah, seperti bangun kesiangan, begadang, terkena macet, atau hal lainnya. Bila hanya sekali dua kali terlambat datang ke sekolah karena ada kondisi force majeur tentu bisa dimaklumi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun bila hal ini terjadi setiap hari tentu saja hal ini merupakan salah satu kebiasaan buruk meski tidak semua penyebab terjadi karena diri sendiri. Akan tetapi jika tidak segera diatasi, kebiasaan ini mungkin bisa sampai terbawa sampai dewasa dan akan berakibat negatif. Untuk mengatasi hal tersebut, simaklah penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Kesehatan Mental di Sekolah

Dikutip dari universitas123.com, Senin (14/11/2022), berikut ini beberapa tips agar tidak terlambat datang ke sekolah:

1. Kuatkan Niat

Memperkuat niat dalam hati agar tidak terlambat datang ke sekolah. Memperkuat niat merupakan langkah awal dalam membentuk kebiasaan yang baik. Bahkan kalian bisa menanamkan niat untuk tidak mengulangi salah satu kebiasaan buruk ini. Meski awalnya tidak mudah, yakinkanlah pada diri kalian sendiri dan selama ada niat pasti akan terlaksana.

2. Hindari Begadang

Tips berikutnya agar tidak terlambat datang ke sekolah adalah dengan menghindari kegiatan begadang. Terkadang di kalangan anak sekolah terutama anak-anak SMA memiliki kebiasaan begadang, entah itu karena melakukan kegiatan yang bermanfaat atau kurang bermanfaat. Begadang di malam hari sebelum sekolah bisa menjadi salah satu penyebab mengapa bisa datang terlambat ke sekolah.

Baca Juga: 5 Mitos dan Fakta Seputar Perawatan Anak

Bahkan jika tidak segera diatasi, begadang bisa menjadi sebuah kebiasaan pada anak sekolah. Hal ini tentu membuat khawatir orang tua dan juga guru, karena akan sulit bangun pagi dan membuat tubuh lemas karena tidur terlalu malam.

3. Biasakan Bangun Lebih Awal

Selain menghindari begadang, selanjutnya adalah dengan membiasakan diri sendiri untuk bangun lebih awal. Bahkan banyak sekali manfaat ketika kalian bangun lebih awaln, seperti membuat diri tidak tergesa-gesa, membuat suasana hati bahagia, bisa menyempatkan untuk sarapan, memiliki waktu untuk mempersiapkan peralatan sekolah dan belajar di pagi hari.

Selain itu, bangun lebih awal bisa kalian manfaatkan untuk berolahraga. Tentu hal ini akan membuat tubuh kalian tetap sehat dan terasa lebih segar, sehingga bisa lebih siap untuk menjalani hari.

4. Lakukan Persiapan Awal

Tips selanjutnya adalah dengan melakukan persiapan awal di malam sebelum keesokan paginya bersekolah. Kalian bisa menyiapkan berbagai perlengkapan sekolah, seperti seragam, buku pelajaran, alat tulis, sepatu, tas, dan lain sebagainya. Dengan melakukan persiapan awal akan mencegah siswa datang terlambat ke sekolah. Bahkan tidak mempersiapkan diri dan perlengkapan sekolah dengan baik merupakan salah satu penyebab mengapa siswa datang terlambat.

Baca Juga: Begini Cara Mengeringkan Buku Sekolah yang Basah Kena Air

5. Pasang Alarm

Tips terakhir adalah dengan memasang alarm untuk membantu kalian bangun lebih awal. Jika kalian susah untuk bangun tidur, memasang alarm adalah salah satu cara untuk membantu kalian agar tidak terlambat. Bahkan tak jarang masih terdapat siswa dengan kebiasaan sudah mematikan alarm tapi kemudian lanjut tidur kembali.

Tentu saja ini merupakan kebiasaan yang buruk, bahkan memasang alarm sama halnya tidak berguna. Untuk mengatasi hal tersebut, kalian bisa memasang banyak alarm dengan jeda tidak jauh ketika berbunyi. Selain itu, kalian bisa meletakkan alarm tidak jauh dari tempat tidur dan juga memilih nada dering alarm yang mampu membuat kalian bangun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya