SOLOPOS.COM - Ilustrasi bau badan. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Memiliki bau badan menyengat tentu bakal mengganggu teman-teman kalian di kelas, karena itu sebagai pelajar perlu mengetahui tips mencegahnya. Simak ulasannya di tips sehat kali ini.

Bukan hanya mengganggu teman atau guru saat di kelas, masalah bau badan juga bisa menurunkan rasa percaya diri dan tidak nyaman beraktifitas, terlebih jika jam pelajaran olahraga yang menghasilkan banyak keringat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari sehatq.com, Sabtu (26/11/2022), terdapat beberapa penyebab timbulnya bau badan, seperti hormon yang sudah aktif, atktifitas tinggi di luar ruangan, bakteri pada ketiak, menggunakan pakaian yang tidak menyerap keringat, mengonsumsi makanan yang menyebabkan bau badan, berat badan yang berlebih, hiperhidrosis (keringat berlebih), dan tidak menjaga kebersihan tubuh.

Baca Juga: Begini Cara Mengeringkan Buku Sekolah yang Basah Kena Air

Tapi jangan khawatir, karena berikut ini ada beberapa tips untuk mencegah bau badan bagi pelajar, seperti yang dikutip dari halodoc.com, Sabtu (19/11/2022):

1. Memakai Deodoran Setelah Mandi

Tips pertama untuk mencegah bau badan selama bersekolah adalah dengan rutin memakai deodoran setelah mandi. Memakai deordoran merupakan salah satu cara termudah dalam mengatasi bau badan. Kalian bisa menggunakan deodorant yang memilili kandungan antiperspirant dan gunakan deordoran pada kedua ketiak. Selain rutin menggunakan deodorant, jangan lupa juga untuk rutin mencukur bulu ketiak agar keringat menguap lebih cepat.

Baca Juga: Tips Agar Tidak Terlambat Datang ke Sekolah

2. Selalu Menjaga Kebersihan

Tips selanjutnya mencegah bau badan bagi pelajar adalah dengan selalu menjaga kebersihan diri. Untuk mencegah bau badan, minimal mandi dua kali sehari atau lebih ketika hari sedang panas dan bahkan aktivitas sekolah yang banyak. Hal ini merupakan kebiasaan baik yang berguna untuk membasuh keringat dan mengurangi jumlah bakteri pada kulit. Bahkan jika membersihkan tubuh secara menyeluruh, terutama pada daerah rawan keringat akan membuat kalian dapat mengurangi atau menghilangkan bau badan selama di sekolah.

3. Menggunakan Sabun Antibakteri ketika Mandi

Mandi dengan menggunakan sabun antibakteri juga berguna untuk mencegah bau badan, terlebih jika kalian menggunakan sabun antibakteri pada area lipatan kulit. Oleh karena itu belilah sabun dengan tulisan kata “antibakteri” pada kemasan dan juga sesuaikan jenis kulit kalian.

4. Keringkan Badan

Setelah mandi, keringkan badan kalian secara benar dan pastikan area kulit yang mudah berkeringat kering dengan sempurna. Hal ini merupakan salah satu cara yang mudah dilakukan dan ampuh untuk menghilangkan bau badan. Alasan mengapa harus mengeringkan badan dengan benar adalah supaya bakteri sulit berkembang biak jika dalam kondisi kering.

Baca Juga: Satu dari Tiga Remaja Indonesia Punya Masalah Mental

5. Memakai Pakaian yang Menyerap Keringat

Tips berikutnya mencegah bau badan bagi pelajar adalah memilih dan memakai jenis pakaian sangat berpengaruh untuk mengatasi bau badan kalian. Kalian bisa menggunakan dalaman baju dengan bahan mudah menyerap keringat, seperti kain katun.

6. Mengurangi Makanan Pedas

Mungkin cara ini sulit dihindari, karena makan makanan yang pedas sangat disukai banyak orang termasuk pelajar. Akan tetapi sebaiknya mengurangi makanan pedas jika tidak ingin bau badan di sekolah. Makanan seperti kari atau makanan dengan bawang merah dapat memicu munculnya bau badan. Bahkan makanan pedas dapat meningkatkan suhu tubuh dan akan lebih mudah berkeringat.

7. Memakai Deodoran Alami

Tips terakhir adalah dengan menggunakan deodorant alami untuk mencegah bau badan, seperti baking soda. Meski bahan ini digunakan untuk campuran kue, akan tetapi baking soda bisa menghilangkan bau badan karena memiliki kandungan asam dan basa. Bahkan menggunakan baking soda tidak akan meninggalkan noda di pakaian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya