Wujudkan Gaya Hidup Berkelanjutan, SMP Batik Solo Gelar Agustus Menanam

Tujuan "Agustus Menanam" di SMP Batik Siki ini adalah membangun kesadaran peserta didik untuk bersikap dan berperilaku ramah lingkungan.

 Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan Topik Agustus Menanam yang digelar SMP Batik Solo.

SOLOPOS.COM - Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan Topik Agustus Menanam yang digelar SMP Batik Solo.

Solopos.com, SOLO — Sebagai lembaga pendidikan yang menjadi Sekolah Penggerak yang otomatis menerapkan kurikulum merdeka, SMP Batik Solo melaksanakan Proyek Pembelajaran Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Salah satu kegiatannya ada di bulan Agustus ini, yaitu proyek dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan. Acara bertopik “Agustus Menanam” ini digelar setiap hari Jumat yaitu tanggal 5, 12 , 19 dan 26, tetapi di antaranya harus setiap hari melaksanakan dengan bergiliran setiap siswa, terutama setelah tanggal 12 Agustus

“Tema ini dirancang bisa diselesaikan oleh siswa dalam masa 1 bulan”, papar Isnaini Maratus S, guru IPA sekaligus Penanggungjawab Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini.

Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk mengawali proyek ini, pada pekan pertama, diadakan talkshow penguatan profil pelajar pancasila bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta, dengan menghadirkan ibu Prasetianingsing Soewarno, SP, M.Si, Sub Koordinator Penataan dan Peningkatan Kapasitas DLH.

Talkshow ini diselenggarakan guna memberikan pengetahuan dasar kepada siswa  tentang  berbagai jenis tanaman Budidaya Indonesia dan manfaatnya, kemudian siswa dikenalkan dengan berbagai macam tanaman budidaya yang dapat ditanam dilingkungan rumah dan sekolahan  serta bagaiaman cara penanaman dan perawatannya.

Baca Juga: SMP Batik Solo Rayakan Milad ke-65 dan HUT ke-77 RI, Ini Kemeriahannya

Selepas kegiatan Talkshow siswa secara aktif saling berdiskusi dalam kelas untuk membuat perencanan  proyek penanaman tanaman budidaya di lingkungan sekolah.

Pekan kedua kegiatan proyek berlanjut dengan kegiatan menanam tanaman budidaya  dengan area di seluruh kompleks sekolah. Tanaman budidaya yang ditanam oleh siswa dibagi berdasarkan kelas masing-masing.

Tanaman budidaya yang ditanam oleh siswa merupakan tanaman penunjang kebutuhan pangan masyarakat, seperti cabai, tomat, bayam, keningkir, selada, serta berbagai empon-empon. Kegiatan penanaman ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa tanggungjawab, gotongroyong serta cinta lingkungan dalam upaya penguatan profil pelajar pancasila kepada siswa siswi SMP Batik Surakarta.

Pekan ketiga kegiatan proyek dilanjutkan dengan kegiatan pemeliharaan tanaman dan pemberian tata nama ilmiah tanaman budidaya yang ditanam oleh siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan tata nama ilmiah sesuai dengan kaidah binomia nomenclatur yang di cetuskan oleh Carolous Lineaus.

Baca Juga: Latih Jiwa Entrepreneur Siswa Lewat P5 Smabasa

Pekan terakhir kegiatan proyek ini beragendakan penulisan laporan ilmiah dari seluruh kegiatan proyek penguatan profil pelajar pancasila dengan tema gaya hidup berkelanjutan. Penulisan laporan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa salah satu bentuk tulisan karya ilmiah dan melatih anak untuk  berfikir kritis dan  sistematis dalam menyelesaikan berbagai masalah.

Kepala SMP Batik Surakarta, Ceket Palupi Suroso atau sering dipanggil Pak Cepe dalam komentarnya mengatakan, proyek penguatan pelajar pancasila di tahun ini, mengambil 3 tema, yaitu Gaya Hidup Berkelanjutan, Suara Demokrasi dan Kearifan Lokal.

Pelaksanaannya menggunakan sistem blok dimana masing-masing proyek dirancang bisa diselesaikan dalam waktu 1 bulan. Secara spesifik, tujuan dari Proyek “Agustus Menanam” ini adalah membangun kesadaran peserta didik untuk bersikap dan berperilaku ramah lingkungan serta mencari jalan keluar untuk masalah lingkungan serta mempromosikan gaya hidup serta perilaku yang berkelanjutan dalam keseharian,”  papar Pak Cepe lebih lanjut. Di samping itu juga untuk melatih kemampuan berfikir kritis dan sistematis.

Nadia, seorang siswi kelas VIII D mengatakan sangat senang dan lega. “Seru. belajar tapi serasa bermain. Secara keseluruhan sangat puas dengan acara ini,” katanya terbata-bata.

Baca Juga: Festival Ayo Membaca 2021: SMP Batik Unggulkan STEAM

Sementara itu, Bu Eni salah satu wali murid mengatakan sangat senang dan puas dan mendukung penuh melihat hasil karya anak-anak yang ada di lingkungan sekolah ini.

“Tadi saya sempat memfoto hasil tanaman di kelas anak saya. Bangga rasanya bahwa ternyata anak-anak kami bisa melakukannya dengan baik,” kata Bu Eni.

Konten ini merupakan user generated content atau UGC kiriman sekolah. Sekolah Anda bisa menjadi bagian dari UGC di Solopos.com dengan cara klik di sini.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Tips Mengajari Keselamatan Diri bagi Anak Sekolah

Berikut ini tips mengajari anak sekolah keselamatan diri.

Meriahkan Hari Guru Nasional, SMP Batik Surakarta Lepas 36 Balon Harapan

Memperingati Hari Guru Nasional ke-77, siswa dan orang tua/wali SMP Batik Surakarta menerbangkan 36 balon harapan.

Tips Cegah Bau Badan bagi Pelajar

Memiliki bau badan menyengat tentu bakal mengganggu teman-teman di kelas, karena itu pelajar perlu tahu tips mencegahnya.

Azzahra Fun Festival di Sragen, Dorong Perkembangan Anak Usia Dini Lewat Lomba

KB-TK Islam Terpadu Azzahra Sragen menggelar Azzahra Fun Festival (AFF), di sekolah setempat, Sabtu (19/11/2022).

Hari Guru Nasional 2022, Begini Cara Menghormati Guru

Berikut ini sejumlah cara untuk menghormati dan menghargai jasa para guru.

Diserbu Peserta dari Jateng-DIY, SMK Mutuharjo Gelar Tes Wawancara Magang Jepang

SMK Mutuharjo menfasilitasi bagi alumni maupun nonalumni yang ingin bekerja ke Jepang didukung  dengan  relasi LPK di perusahaan-perusahaan besar Jepang.

Pantik Jiwa Kepemimpinan, OSIS dan Dewan Ambalan Al Azhar IIBS Ikuti LDKO

Al Azhar IIBS kemudian menggelar LDKO sebagai upaya untuk melatih kemampuan siswa dalam hal berorganisasi dan kepemimpinan.

Sepekan di Jepang, Intip Kegiatan Seru SMA Assalaam Sukoharjo di Negeri Sakura

Sepekan berada di Jepang, intip yuk keseruan kegiatan siswa SMA Assalaam Sukoharjo selama berada di Negeri Sakura.

Keseruan Siswa SMP Batik Solo Ikuti Gerakan Cinta Museum

Siswa kelas VII E SMP Batik Solo menjadi salah satu peserta Gerakan Cinta Museum yang diselenggarakan oleh Museum Keris Nusantara.

Raup 59% Suara, Nadya Surya Callista Terpilih Jadi Ketua OSIS SMA Batik 1 Solo

Berdasarkan hasil pemungutan suara akhirnya terpilihlah Nadya Surya Callista sebagai Ketua OSIS SMA Batik 1 Solo periode 2022-2023 dengan total suara 59,2%.

Tips Agar Tidak Terlambat Datang ke Sekolah

Berikut ini sejumlah tips agar kalian tidak terlambat ke sekolah.

Manasik Haji SMA Batik 1 Surakarta 2022

SMA Batik 1 Surakarta melaksanakan outing class yaitu manasik haji pada Jumat (11/11/2022) dan diikuti seluruh siswa kelas X didampingi wali kelas beserta guru yang menjadi muthawif.

Meriah! Market Day SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Pacu Semangat Entreprenuer Siswa

Kegiatan Market Day di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo sebagai wujud implementasi SMK Pusat Keunggulan dalam bidang sektor ekonomi kreatif.

Cara Membentuk Siswa Berkarakter, Salah Satunya Guru Harus Jadi Teladan Baik

Berikut ini sejumlah cara untuk membentuk siswa berkarakter.

Begini Cara Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Berikut ini sejumlah cara untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa.

SMA Batik 1 Solo Study Campus ke Malaysia: Persiapan Menuju Universitas Impian

Siswa kelas internasional SMA Batik 1 Surakarta melakukan study campus ke Malaysia dan mengunjungi beberapa kampus ternama di Kuala Lumpur.