SOLOPOS.COM - Warga RT 004/RW 017 Ngringo, Karanganyar, mengikuti jalan sehat dalam rangka HUT ke-78 RI. (Wartawan Siswa/Azzahratush Sholihah Bulan Intan Negari)

Solopos.com, SOLO-Untuk memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, warga RT 004/RW 017 Ngringo, Jaten, Karanganyar, menggelar sejumlah kegiatan yang tentunya seru dan meriah. Apa saja kegiatannya?

Pada Minggu (13/8/2023) pukul 06.30 WIB-10.00 WIB diadakan  gerak jalan santai keluarga , senam sehat dan pembagian door prize.  Kegiatan jalan sehat diawali dengan pembukaan start oleh ketua RT.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Barisan pertama ibu ibu dan anak yang putri, disusul bapak-bapak dan remaja putra. Para peserta berpakaian dengan nuansa merah dan putih dengan membawa bendera kecil untuk tiap peserta gerak jalannya. Warga terlihat gembira gerak jalan mengelilingi kompleks perumahan.

Setelah kegiatan jalan santai dilanjutkan dengan senam gembira yang dipimpin oleh instruktur senam.  Semua peserta senam bergerak bergoyang dengan iringan musik yang multi aliran dangdut pop.

hut ke-78 ri ngringo karanganyar
Warga RT 004/RW 017 Ngringo, Karanganyar, mengikuti senam dalam rangka HUT ke-78 RI. (Wartawan Siswa/Azzahratush Sholihah Bulan Intan Negari)

Menurut Ketua RT 004/RW 017  Ida Bagus Putu Santika saat ditemui Wasis pada Sabtu (29/8/2023), kegiatan perayaan HUT ke-78 RI di Ngringo diawali dengan pemasangan umbul-umbul, bendera Merah Putih, dan pengecetan jalan Gang Melati 5  dan Melati 6.

Menurutnya semua tonggak bendera dibuat seragam dan benderanya juga ukuran dan besarnya sama.  Untuk menyambut HUT ke 78 RI, warga  bergotong-royong bertugas menyelesaikan pekerjaan sesuai targetnya. Ada yang memasahkan bendera ke tonggaknya, ada yang memasukan tonggak bendera dan bendera ke tempat dasar tonggak bendera yang dibuat sama juga seluruh warga RT.

Pada 16 Agustus 2023 dilaksanakan kegiatan persiapan tirakatan yang berlokasi di pertigaan gang kampung perumahan. Pada pukul 19.30 WIB, acara pun dimulai dengan diawali pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan dari ketua RT yang membacakan tentang sambutan Bupati Karanganyar  Juliatmono. Selain itu diadakan renungan arti kemerdekaan RI serta acara menyerahan tumpeng kepada generasi tua ke generasi muda secara estafet mengisi kemerdekaan.

hut ke-78 ri ngringo karanganyar
Aneka doorprize. (Wartawan Siswa/Azzahratush Sholihah Bulan Intan Negari)

Wakil dari generasi senior adalah seorang pensiunan guru yang telah berusia 90 tahun. Acara tirakatan ditutup dengan doa untuk kebaikan bersama.

‘Tentunya malam tirakatan ini malam yang spesial bagi kita semua warga RT 004 semangatnya mampu memberikan kekuatan motivasi untuk generasi penerus khususnya anak-anak yang muda  agar selalu bersyukur mengisi kemerdekaan dengan lebih baik, lebih maju, dan tetap guyub rukun saling hormat-menghormati sesama,” ucap Putu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya