SOLOPOS.COM - Diklat Jurnalistik Ekstrakurikuler Hackes SMAN 1 Kartasura pada Kamis (15/2/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO-SMAN 1 Kartasura Sukoharjo mengadakan Diklat Jurnalistik yang bertujuan untuk menyalurkan minat dan bakat murid.

Ekstrakurikuler yang disediakan oleh sekolah dapat menjadi jembatan untuk menyalurkan bakat dan minat siswa. Berbagai ekstrakurikuler bergerak di bidang yang beragam seperti seni, olahraga, teknologi informasi dan lain sebagainya.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Di SMAN 1 Kartasura terdapat ekstrakurikuler yang bergerak di bidang jurnalistik, bernama Hackes. Hackes atau Wahana Cerita dan Kreativitas adalah ekstrakurikuler semi organisasi yang bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa-siswi SMAN 1 Kartasura dalam bidang jurnalistik.

Beberapa program kerja dilakukan oleh Hackes dengan tujuan menambah pengetahuan anggotanya dalam dunia Jurnalistik, salah satunya diklat yang rutin diadakan setiap tahun.

Sambutan kepala sekolah saat diklat
Sambutan pembuka oleh Kepala SMAN 1 Kartasura,  Dra. Sri Hastuti M.Pd., saat diklat jurnalistik pada Kamis  (15/2/2024) (Istimewa)

Diklat jurnalistik tahun ini diselenggarakan pada Kamis (15/2/2024) di Aula SMAN 1 Kartasura dan dibuka oleh Kepala SMAN 1 Kartasura Dra. Sri Hastuti M.Pd. Acara ini mendatangkan narasumber Content Manager Solopos yaitu Bambang Aris Sasangka yang membahas Jurnalistik Dasar. Lalu dilanjutkan Amukti Palapa Aji S.S. yang menjelaskan tentang editing.

Acara ini turut dihadiri pembina Hackes, MBO serta perwakilan dewan guru. Hadir pula seluruh jajaran wakil kepala SMAN 1 Kartasura antara lain Kesiswaan, Humas, dan Sarana prasarana. Diklat ini diiikuti oleh seluruh anggota esktrakurikuler Hackes.

Diklat jurnalistik SMAN 1 Kartasura ini mengusung tema Membangun Minat Generasi Milenial untuk Berinovasi Menjadi Jurnalis Muda.  Pembina Hackes Wahyu Widodo mengatakan untuk kaderisasi dan menanamkam karakter jurnalistik, diklat ini untuk mempersiapkan Hackes yang akan kembali menerbitkan majalah setelah lama berhenti akibat pandemi.

“Diklat ini bertujuan untuk kaderisasi, menanamkan karakter jurnalistik pada anak-anak serta untuk memahami kode etik jurnalistik. Selain itu juga untuk persiapan dalam menerbitkan majalah,” ungkapnya kepada Wartawan Siswa (Wasis) Solopos.

sharing dengan alumni saat diklat
Sharing session bersama alumni SMAN 1 Kartasura yang merupakan mantan anggota ekstrakurikuler Hackes. (Istimewa)

Acara ini berjalan dengan lancar dan ditutup dengan sharing bersama alumni SMAN 1 Kartasura yang merupakan mantan anggota ekstrakurikuler Hackes. Di sesi terakhir ini, alumni membagikan pengalaman dan tips-tips kepada anggota Hackes yang sekarang.

banner aulia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya