SOLOPOS.COM - Callista Putri Erisa. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Halo Sobat Gaul! Salam kenal namaku Callista Putri Erisa dan biasa dipanggil Callista. Kini aku resmi menjadi Wartawan Siswa atau Wasis Solopos angkatan 27.

Saat ini aku duduk di bangku kelas XI SMA Al-Islam 1 Solo.  Nah sekarang aku mau cerita tentang kenapa aku memutuskan untuk mendaftar saat ada rekrutmen Wasis Solopos padahal awalnya gak kepikiran sama sekali dan nggak tau apa itu wasis.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Sebelumnya, aku mau cerita dulu di sekolah aku mengikuti ekstrakurikuler jurnalistik dan kini aku menjabat sebagai ketua umum ekstrakurikuler jurnalistik SMA Al-Islam 1 Solo periode 2023/2024. Selain itu aku juga menjadi pimpinan redaksi majalah buletin aktivis di ekstrakurikuler jurnalistik Smalsa (sekolahku).

Awalnya aku tidak tau apa itu Wasis Solopos. Aku tau tentang Wasis Solopos ini dari salah satu CM Solopos yaitu Bapak Damar Sri Prakoso yang merupakan pembimbing ekstrakurikuler jurnalistik di sekolah ku. Kalau Pak Damar baca ini aku ingin mengucapkan terima kasih karena sudah mengenalkan tentang Wasis Solopos.

Awalnya aku tidak berminat dengan program ini tapi karena bujukan dari Pak Damar dan Bu Wiwit (Pembina Ekskul Jurnalistik), akhirnya aku mau mencoba. Waktu itu aku berpikir “Kan belum tentu keterima, saingannya banyak”, dan harinya juga sudah mepet dengan deadline pengumpulan. Dari situ aku semakin malas kayak ” Ya udah kalau udah ditutup aku gajadi daftar”. Tapi ternyata perndaftaran diperpanjang.

Nah di situ aku sedikit lega berarti aku masih bisa daftar. Asal kalian tau aku mengirimkan karyaku satu jam sebelum pendaftaran ditutup.  Aku bikin artikel untuk mengikuti seleksi Wasis Solopos, di situ aku ga berharap banyak bakal keterima atau enggak. Tapi Qodarullah Alhamdulillah, aku lolos seleksi tahap 1.

Setelah lolos seleksi tahap 1, masih ada seleksi tahap 2. Dan aku tidak berharap banyak kalau pun belum keterima tidak ada salahnya mencoba lagi di angkatan selanjutnya. Tapi ternyata Alhamdulillah  aku lolos seleksi tahap 2 dan resmi dinyatakan sebagai Wartawan Siswa Solopos Angkatan 27.

Alasan aku ikut Wasis Solopos karena ingin menambah pengalaman dan relasi selain itu aku juga ingin mengikuti organisasi di luar sekolah. Bukan hanya di dalam ruang lingkup sekolah. Tapi aku juga ingin memiliki teman dari berbagai sekolah di Soloraya.

Sedangkan di bidang jurnalistik, alasan aku ikut Wasis Solopos karena ingin mengasah skill kepenulisan, jurnalistik, fotografi, reportase, press release,  dan lain-lain.

Pekan pertama setelah resmi dinyatakan menjadi wasis solopos angkatan 27. Kami yang lolos dan dinyatakan menjadi Wasis Solopos angkatan 27 mengikuti ke hitam inhouse training pada 10 Desember 2023. Di situ kami banyak sekali diajari tentang ilmu-ilmu jurnalistik dan semakin dikenalkan dengan kegiatan-kegiatan di Wasis Solopos ini.

Harapanku setelah mengikuti program Wasis Solopos ini yang pasti aku jadi banyak belajar dan semakin mendalami ilmu-ilmu jurnalistik. Walaupun cita-citaku bukan menjadi jurnalis tapi aku sangat yakin bahwa ilmu  jurnalistik ini akan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Callista

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya