SOLOPOS.COM - Sebanyak delapan pelajar mengikuti seleksi tahap kedua Wasis Solopos di Griya Solopos pada Minggu (19/11/2023). (Solopos/Ivan Indrakesuma)

Solopos.com, SOLO-Setelah melalui proses seleksi dua tahap, akhirnya terpilih empat nama pelajar yang bakal bertugas sebagai Wasis angkatan 27 Solopos.  Mereka berasal dari Sukoharjo, Yogyakarta, dan Kota Solo.

Sebelumnya nih, ketahui terlebih dahulu bahwa program Wartawan Siswa (Wasis) Solopos ini diperuntukkan bagi pelajar SMA, MA, dan SMK yang ingin mengembangkan potensi, mengasah keterampilan hingga menambah pengetahuan, dan pengalaman di bidang jurnalistik.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

Seperti sebelumnya, program Wasis Solopos angkatan 27 akan berlangsung selama tiga bulan. Proses seleksi untuk Wasis Solopos Angkatan 27 ini sedikit berbeda dibandingkan Wasis Angkatan 26. Hal ini lantaran para calon Wasis mengikuti dua kali seleksi yaitu seleksi administratif dan seleksi karya.

Setelah terpilih, mereka akan mengikuti in house training sebagai pembekalan agar mereka bisa menulis sesuai kaidah jurnalistik. Selain itu juga untuk mengasah kepekaan mereka dalam menggali hingga menuangkan ide dalam bentuk tulisan.

“Selamat kepada teman-teman yang terpilih menjadi Wasis Solopos. Sementara bagi teman-teman yang belum berhasil kali ini, tak perlu khawatir. Solopos selalu kembali membuka program ini, sedangkan yang terpilih Wasis Solopos akan mengikuti program ini selama tiga bulan,” kata Pemimpin Redaksi Solopos Media Group, Rini Yustiningsih, Selasa (21/11/2023).

Program Wasis Solopos ini, papar Rini, ibarat workshop yang berlangsung selama tiga bulan. Ketujuh pelajar tingkat SMA maupun yang sederajat ini tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan dalam bentuk teori, tetapi sekaligus praktik.

Rini kembali berpesan agar mereka yang telah menjadi Wasis Solopos ini memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya. Kesempatan langka bisa menjadi bagian dari perusahaan media informasi terbesar di Soloraya bahkan di Jawa Tengah ini, diharapkan bisa turut mengedukasi kalangan pelajar dalam literasi.

“Solopos mengambil peran dalam hal literasi dengan mengedukasi kalangan pelajar. Salah satunya melalui program Wasis. Program ini sudah bertahun-tahun dijalankan, tapi kemudian terhenti karena pandemi. Solopos memulai lagi Wasis saat ini dengan harapan bisa membangkitkan lagi gerakan literasi dengan langsung melibatkan dan menggerakkan pelajar tingkat SMA,” pungkas Rini.

Berikut ini nama-nama pelajar yang terpilih sebagai Wasis Solopos Angkatan 27:

1. Karang Jimbaran Setyatrisila    (MAN 1 Yogyakarta)
2. Callista Putri Erisa    (SMA Al Islam 1 Solo)
3. Dwi Nur Jannah    (SMA Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo)
4. Aulia Wulan Ramadhani    (SMAN 1 Kartasura)

Bagi kalian yang terpilih menjadi Wasis Solopos Angkatan 27 selamat bertugas ya! Sedangkan yang belum terpilih, enggak usah kecewa karena yang terpenting kalian sudah berani mencoba. Semangat ya!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya